Oleh: sdn4kabat | Juni 19, 2013

Perpisahan Kelas VI

Ketika tiba saat perpisahan janganlah kalian berduka, sebab apa yang paling kalian kasihi darinya mungkin akan nampak lebih nyata dari kejauhan – seperti gunung yang nampak lebih agung terlihat dari padang dan dataran. -Kahlil Gibran-

Perpisahan memang merupakan saat-saat yang kadang tidak kita harapkan. Tetapi perpisahan sudah pasti akan datang tanpa kehendak kita, karena disetiap ada pertemuan tentunya juga akan ada perpisahan. Selasa, 18 Juni 2013, SDN 4 Kabat mengadakan acara Perpisahan untuk murid-murid kelas VI. Alhamdulillah, Acara berlangsung dengan khidmat, lancar dan sangat meriah.

Ini adalah pertama kalinya SD ini mengadakan serangkaian acara ceremonial dan pentas seni dalam rangka perpisahan kelas VI sejak awal berdirinya. Tahun-tahun sebelumnya SDN 4 Kabat mengajak murid-murid kelas VI untuk rekreasi ke tempat-tempat wisata sebagai agenda perpisahan. Tapi tahun ini berbeda, murid-murid kelas VI meminta untuk diadakan acara perisahan di Sekolah.

Kepala sekolah dan dewan guru menyambut baik usulan ini. Karenanya para guru beserta kepala sekolah berusaha maksimal untuk menyiapkan segala persiapannya. Dan dengan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, seperti komite sekolah, alumni, para pelatih, dan para wali murid, acara ini bisa berjalan dengan sangat mengesankan melebihi ekspektasi kami para guru.

Acara diawali dengan kirab keliling desa Karangrejo, kirab dikawal oleh tim ‘terbangan’ desa Karangrejo. Para warga yang melihat murid-murid yang tampil dengan penampilan terbaiknya saat mengikuti kirab terlihat sangat terkesan, dan kemudian berbondong-bondong ke Sekolah untuk melihat acara Perpisahan. Selanjutnya, pengunjung disuguhi oleh penampilan menarik dari 3 siswa terbaik kelas VI pada pertunjukan tari ‘ketek ogling’. Kemudian dilanjutkan pembukaan acara seremonial perpisahan. Diawali dengan sambutan-sambutan dari Kepala Sekolah, Pak Lurah, dan Kepala UPTD kec. Kabat. Pada acara seremonial ini, adalah saat-saat paling mengharukan saat itu, murid-murid kelas VI menyanyikan lagu Perpisahan, dan disertai pidato perpisahan. Para guru dan siswa-siswi kelas VI tak bisa membendung air mata kala itu. Ya, kami para guru sangat menyayangi mereka, anak-anak luar biasa yang menyisakan banyak kenangan di hati kami dengan prestasi dan tingkah polah mereka.

Setelah acara seremonial, dilanjutkan acara pentas seni. Pada acara ini, hampir semua siswa-siswi dari kelas I s/d VI berpartisipasi di dalamnya. Mereka berlomba melakukan perannya/ tugasnya semaksimal mungkin. Beberapa yang ditampilkan adalah, tari ‘Gandrung’, tari ‘Padang Bulan’, tari ‘Jaranan’, Fashion, Puisi, Nyanyian osing dari seorang siswi kelas II, Lagu Berkibarlah Bendera Negriku dan Kemesraan oleh para guru, serta pementasan drama oleh kelas VI. Penampilan mereka semua berhasil memukau para pengunjung yang hadir saat itu. Acara pentas seni ditutup oleh pementasan drama ‘Bawang Merah Bawang Putih’ dari murid-murid kelas VI yang menamakan diri sebagai ‘Teater SDN 4 Kabat’. Dan dengan bangga kami katakan bahwa mereka sukses melakukan perannya masing-masing dengan sangat baik sehingga berhasil memukau para penonton yang hadir.

Acara ini takkan terlaksana dengan baik tanpa Ridho Allah dan bantuan berbagai pihak yang telah mendukung, karenanya kami haturkan syukur Alhamdulillah dan juga terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Anda semua yang telah mendukung cara ini.

-Redaksi-

a 12

DSC_0029

 


Tanggapan

  1. Acara pentas seni x klo bs lbh mriah lg, ada dance modern x dooonk(*^_^*)


Tinggalkan komentar

Kategori